contoh rpp kurtilas.
CONTOH RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP NEGERI 1 rawajitu timur
Mata
Pelajaran : pendidikan agama islam
Kelas /
Semester : VII/Ganjil
Materi
Pembelajaran : bersuci dari najis dan hadats
Alokasi
Waktu : 2x45 menit
A. Kompetensi Inti
KI 3 : Memahami pengetahuan toharroh (bersuci)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu tohharoh (bersuci dari najis dan
hadats)
KI 4: Mencoba, memperaktekan, dan mengulang kembali sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
3.1.Dapat melafalkan dasar hukum bersuci baik dari najis maupun hadats.
4.1.Dapat menyebutkan macam-macamnajis dan hadats.
4.2.Dapat memperaktekkan cara membersihkan najis dan hadats.
C.
Indikator Pencapaian
Kompetensi
3.1.1. Peserta didik dapat mengerti
toharoh najis dan hadats serta mensucikanya.
3.1.2. Dapat menjelaskan
mamfaat dan hikmah bersuci dari
najis dan haats.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat mengerti toharoh najis
dan hadats serta mensucikanya.
2.
Peserta
didik dapat Menjelaskan Menjelaskan mamfaat dan hikmah bersuci dari najis dan
hadats
E.
Materi Pembelajaran
·
Toharroh
·
Pengertian toharroh.
·
Macam-macam toharoh
·
Najis
·
Pengertian najis
·
Pembagian macam-macam
najis
·
Cara mensucikan dari
najis
·
Hadats
·
Pengertian hadats
·
Macam-macam hadats
·
Cara menghilangkan
hadats
F. Metode Pembelajaran
Ø
Discovery Learning
Ø
Problem Based Introduction
G. Media / alat, Bahan dan Sumber
Belajar
a. Pertemuan Pertama
1).
Media
Ø
Laptop
Ø
Infokus
Ø
Buku pelajaran
2).
Alat
Ø
Patung peraga
3).
Bahan
Ø
Spidol
H.
giatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Untuk memotivasi peserta didik, dapat ditampilkan berbagai macam
objek tentang toharoh najis dan hadats, seperti bahaya jika tidak bisa toharroh ruginya tidak dapt menerti dan membedakan
najis, dan bahayanya macam-macam hadts jika tidak dapat menghilangkanya.
2. Perwakilan dari
Peserta Didik diminta maju ke depan kelas dan melakukan pengamatan terhadap macam-macamnya najis, hadats dan cara mensucikanya.
Peserta didik di ajak menyebut kan ciri-ciri dari najis dan hadts. Di sini guru membimbing Peserta Didik serta
mengingatkan Peserta Didik untuk menghindari tafsiran yang dapat mempengaruhi
hasil yang berbeda
dari KD.
3.
Peserta didik menerima penyampaian
informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
1.
Peserta Didik diminta melakukan untuk memperagakanya dan cara menhilangkan najis dan
hadast.Guru menjelaskan langkah-langkah metodenya.
2.
Bersama Peserta Didik, guru menyebutkan berbagai objek najis.
3.
Guru menjelaskan lebih lanjut tentang berbagai cara mensucikanya.
c.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Guru dan
peserta didik mereview hasil kegiatan pembelajaran
2.
Guru dan
peserta didik merefleksikan hasil kegiatan.
3.
Guru
memberikan penghargaan pada kelompok yang berkinerja baik.
4.
Guru
menugaskan Peserta Didik untuk melakukan apa yang sudah di ajarkan untuk di
gunakan sehari-hari.
5.
Guru
Menyampaikan materi pertemuan berikutnya.
2.
Pertemuan
Ke dua
Ulangan Harian (UH)
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.
1. Apa yang dimaksud toharroh?
2. Apa
pengertian najis dan hadats? Sebutkan apa saja!
3. Bagaimana
cara menhilangkan najis dan hadas kecil?
4. Bagaimana
cara menghilankan hadats besar?
5. Berikan
contoh najis sedang? Dan bagaimana cara menghilangkannya!
I.
Penilaian
1.
Jenis / tehnik penilaian dan bentuk instrumen
No
|
Jenis Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Sikap
|
-
|
-
|
Jurnal
|
2
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
Lembar tes
tulis
|
Uraian
|
3
|
Keterampilan
|
Tes Kinerja
|
Lembar
Pengamatan
|
Rubrik
pengamatan
|
2.
Instrumen penilaian
a). Sikap
Teknik
Penilaian : -
Instrumen : -
Bentuk
Instrumen : Jurnal
NO
|
HARI/TANGGAL
|
NAMA PESERTA DIDIK
|
CATATAN PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
KET
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
b). Pengetahuan
Teknik
Penilaian : Tes tertulis
Instrumen : Lembar tes tulis
Bentuk
Instrumen : Uraian
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Soal
|
Jumlah Soal
|
1
2
3
|
Dapat melafalkan dasar hukum bersuci baik
dari najis maupun hadats.
Dapat menyebutkan macam-macamnajis dan
hadats.
Dapat memperaktekkan cara membersihkan najis dan hadats.
|
3.1.1. Menjelaskan hukum bersuci dari najis da
hadts
3.1.2. Menjelaskan kegunaan bersuci dari najis dan hadats
3.1.3. Dapat
menjelaskan manfaat dan hikmah bersuci dari najis dan hadats
|
1. apa yang di maksud
toharroh ?
2. apa pengertian
najis dan hadats?
3. bagaimana cara
menghilang kan hadats kecil?
4. bagaimana cara
menghilangkan hadats besar?
5. berikan contoh
najis sedang dan bagaimana cara mensucikannya?
|
5
|
No Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
menghilangkan
hadats, najis, dan kotoran dengan air atau tanah yang bersih. hewan, tumbuhan, manusia dan lingkungan
|
4
|
2
|
najis
adalah sesuatu yang keluar dari dalam tubuh manusia atau hewan seperti air kencing,
kotoran manusia atau kotoran hewan.
hadats
adalah keadaan badan yang tidak suci atau kotor dan dapat dihilangkan dengan
cara berwudhu, mandi wajib, dan tayamum.
|
4
|
3
|
Dengan cara
berwhudu
|
4
|
4.
|
Dengan cara
mandi wajib
|
4
|
5.
|
Air
kencing, kotoran buang air besar, termasuk bangkai (kecuali ikan dan
belalang)
Cara mensucikanya Di aliri dengan air yang suci, sampai sekiranya hilang
rupa, bau, dan rasnya.
|
4
|
Skor Maksimum
|
20
|
Ket :
Nilai =
c). Keterampilan
Teknik Penilaian : Tes Kinerja
Instrumen : Lembar Pengamatan
Bentuk Instrumen : Rubrik Pengamatan
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
TEKNIK PENILAIAN
|
1
2
3
|
Dapat melafalkan dasar hukum bersuci baik
dari najis maupun hadats.
Dapat menyebutkan macam-macamnajis dan
hadats.
Dapat memperaktekkan cara membersihkan najis dan hadats.
|
Toharroh ,
najis, hadats dan cara mensucikanya
|
4.1.1.
Menjelaskan
hukum bersuci dari najis da
hadts
4.1.2.
Menjelaskan
kegunaan
bersuci dari najis dan hadats
4.1.3.
Dapat menjelaskan manfaat dan hikmah
bersuci dari najis dan hadats
|
Kinerja
|
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
|
|
|
√
|
|
|
2
|
Melakukan eksperimen sesuai dengan prosedur
|
|
|
|
|
√
|
3
|
Membuat Laporan/kesimpulan
|
|
|
|
√
|
|
|
Jumlah Skor maksimum
|
9 (2+4+3)
|
Ket :
Nilai =
Mengetahui, rawajitu
timur, febuari 2017
Kepala SMP Negeri 1 rawajitu timur Guru
Mata Pelajaran
....................................., S.Pd MEDIYAN
PRATAMA
Nip. ....................... Nip. ................................
Comments
Post a Comment