media pendidikan
MAKALAH
MEDIA
PEMBELAJARAN
DI AJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS
KULIAH
PERANAN
TEKNOLOGI DALAM PEMECAHAN PROBLEM PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu: Umar,
M.Pd.I
Disusun
oleh: kelompok 2
1.
Median Pratama 1501010078
2.
Slamet Riyadi 1501010296
3.
Yohana Adelia 1501010230
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) METRO
TP 2016
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan penulisa
BAB II PEMBAHASAN
A. Peranan teknologi pendidikan dalam pengembangan kurikulum
B. Peranan teknologi pendidikan dalam pengembangan bahan ajar
C. Peranan teknologi dalam penerapan metode pembelajaran yang
muktahir
D. Pemamfaatan berbagai media pembelajaran
E. Pengembangan strategi pembelajaran
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya sampaikan kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas
Media Pembelajaran yang berjudul ” PERANAN
TEKNOLOGI DALAM PEMECAHAN PROBLEM PEMBELAJARAN’’.
Shalawat serta salam tetap tercurah pada nabi kita Nabi Muhammad Saw. yang
telah membawa kita dari jaman jahiliyah menuju jaman yang terang yaitu Islam.
Penulisan menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih
banyak kekurangan, baik dari segi isi, penulisan, maupun kata kata yang
digunakan. Akhirnya, tiada gading yang tak retak. Meskipun dalam penyusunan
makalah ini, penulis telah mencurahkan seluruh kemampuan, namun penulis sngat
menyadari bahwa hasil penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, di
karenakan keterbatasan data, referensi, dan kemampuan penulis. Oleh karena itu,
penulis sangat mengharap segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari
berbagai pihak guna perbaikan di masa mendatang.
BAB 1
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 latar Belakang
Perubahan
lingkungan luar dunia pendidikan, mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi,
sampai politik mengharuskan dunia pendidikan memikirkan kembali bagaimana
perubahan tersebut mempengaruhinya sebagai sebuah institusi sosial dan
bagaimana harus berinteraksi dengan perubahan tersebut. Salah satu perubahan
lingkungan yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan adalah hadirnya teknologi
informasi (TI).
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan – perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM), mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan memahami teknologi.
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan – perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM), mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan memahami teknologi.
1.2 Rumusan Masalah
Kegiatan pembelajaran yang efektif
memerlukan suatu media yang mendukung penyerapan informasi sebanyak-banyakanya.
Seiring dengan perkembangan jaman, maka teknologi informasi berperan penting
sebagai sarana untuk mendapatkan sumber informasi sebanyak-banyaknya yang
berhubungan dengan materi pelajaran yang diajarkan karena itu perlu adanya
pembahasan dalam makalah ini bertujuan agar kita bisa bersama-sama mengajarkan
pembelajaran yamg efektif dengan teknologi di era globlalisasi.
1.3
Tujuan penulisan
Makalah ini
bertujuan untuk mengetahui peranan perkembangan teknologi informasi dan
komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan, serta
pengaruh teknologi informasi dalam menghasilkan keluaran peserta didik yang
bermutu dan modern.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Peranan teknologi pendidikan dalam pengembangan kurikulum
1.
Merumuskan tujuan khusus
Teknologi pendidikan sangat mengutamakan perumusan
tujuan yang spesifik yang dinyatakan dalam bentuk kelakuan yang dapat diamati
sehingga hasil belajar dapat di ukur. Yang mula-mula memberi petunjuk yang
jelas tentang cara merumuskan tujuan adalah ralph tyler(1932)[1].
Jadi sebelum jauh kita membahas tenteng
peranan teknologi pendidikan dalam pengembangan kurikulum pertama kita ketahui
tujuan apa dalam teknologi yang akan kita jalankan. Adapun apa saja bentuk
kelakuan adalah seperti:
-
Keterampilan
menggunakan sesuatu.
-
Mengingat
informasi.
-
Memahami
istilah-istilah teknis.
-
Kesanggupan
mengambil keputusan.
-
Menggunakan
prinsip-prisip yang konkret[2].
Kenapa disini saya ambil sebuah teori yang membahas
tentang kelakuan karna dalam kita akan menentukan sebuah tujuan kita juga harus
memahami karakter atau pun kelakuan dari yang akan kita kenakan pada tujuan
kita tadi.
Jadi
jelas yang kita utamakan tadi adalah kelakuan
murid, bukan perbuatan guru, jadi apa yang dapat dilakukan oleh murid dan
apa yang bukan harus dikerjakan guru. Rumusan tujuan dimulai dengan siswa dapat
melakukan ... contoh:
-
Murid
dapat menggunakan teknologi komputer.
-
Siswa
dapat membedakan asam dan basa.
-
Anak
dapat membaca satu halaman dalam 3 menit.
-
murid
dapat menjelaskan terjadinya angin laut dan angin darat.
-
Siswa
dapat membuat bagan pesawat radio.
Jadi beberapa teori diatas dapat kita jelasakan
sangat berkaitan sekali perumusan tujuan sebagai bahan ajuan untuk teknologi berperan dalam pengembangan
kurikulum.
B.
Peranan teknologi pendidikan dalam
pengembangan bahan ajar
1.
Perkembangan teknologi pendidikan
di era globlalisasi
Kemajuan teknologi dewasa ini dan di masa yang akan
datang terutama di bidang informasi dan kominikasa menyebabkan dunia menjadi
sempit cakupannya[3].
Dari kutipan di atas teknologi sangat berpengaruh
dalam sebuah pendidikan, yang jelasnya adalah dengan adanya sebuah teknologi
tersebut kita akan lebih mudah untuk mendapatkan bahan ajar yang guna untuk
kita ajarkan kepada peserta didik.
Di bidang pendidikan, peran guru untuk mendidik
peserta didik menjadi manusia yang selalu mengikuti perkembangan zaman tampa
meninggalkan akar budaya sangat penting dalam menentukan perjalanan bangsa ini[4].
Kutipan tersebut mejelaskan betapa berperannya guru
dalam pendidikan untuk mendidik peserta didik dalam menguasai teknologi. Dan
teknologi berperan penting dalam itu semua sebagai sebuah sarana prasarana yang
mendukung suatu pembelajaran yang diajarkan dalam sebuah pendidikan. Sehingga
jika kita ambil sebuah pemahaman bahwasanya teknologi pun berperan di era
globalisasi ini dalam sebuah perkembangan pembelajaran pada pendidikan.
Misalnya saja seperti komputer/laptop itu sangat berperan sekali dalam mahasiswa
dimana seorang mahasiswa harus menguasai komputer untuk membuat suatu makalah.
Dan juga komputer berperan pada dosen dalam penyampaian materi yang digunakanya
sebagai bahan ajar yang akan diajarkannya pada sekelompok mahasiswa/i.
Tidak sekedar sebuah sarana yang ada dalam lingkup
kelas atau benda-benda yang kecil,namun seperti kendaraan itu juga termasuk
teknologi yang sangat berperan penting dalam sebuah pengajaran misalnya angkot,
motor, sepeda, ataupun papan skayboard. Mengapa pada penggelan kalimat sebelumnya
saya bahas bahwasannya kendaraan mendukung sebagai bahan ajar, iya itu jelas
dalam menuju sebuah pengajaran di mana suatu tempat yang dituju di era sekarang
hampir tak bisa dipunkiri kita membutuhkan media tersebut.
C.
Peranan teknologi dalam penerapan
metode pembelajaran yang muktahir
1.
Metode mengajar
Mengajar pada umumnya adalah usaha guru untuk
menciptakan kondisi-kondisi atau mengatur lingkungan sedemikian rupa, sehingga
terjadi interaksi antara murid dengan lingkungan, termasuk guru, alat pelajaran,
dan sebagainya yang disebut proses belajar, sehingga tercapai tujuan
pembelajaran yang telah ditentukan. Beberapa teori pembelajaran telah dikenal
dan masing-masing dapat memberikan sumbangan tertentu mengenai proses belajar.
Namun belum ada satu teori belajar yang dapat dijadikan pegangan untuk segala jenis belajar. Demikian juga
menggunakan satu metode mengajar untuk semua tujuan belajar tidak akan efektif.
Dalam hal tertentu metode memberitahukan metode kuliah sangat serasi, dalam hal
lain mungkin lebih tepat bila digunakan metode penemuan, metode pemecahan
masalah, atau metode eskperimen modul, dan sebagainya. Ada kemungkinan kita
harus menggunakan bermacam-macam metode penyampaian sekaligus. Metode mengajar
akan membuka alternatif lain apabila kita menghubungkanya dengan alat-alat
serta media pendidikan yang tersedia bagi guru untuk digunakannya.tersedianya
alat-alat teknologimodeern seperti film vidio tape, komputer dan lain-lain
mempengaruhi metode mengajar[5].
Dari kutipan di atas kita pahami bahwasannya metode
pembelajaran yang muktahir itu terdiri dari berbagai macam metode namun dari
semua metode itu tidak semuanya bisa dijadikan pegangan dalam setiap
pembelajaran, jadi untuk tercapainya kemuktahiran dalam pembelajara pastilah
berbeda-beda disesuaikan dengan apa yang sedang dipelajari. Seperti yang
disampaikan dalam kutipan ada beberapa metode seperti metode kuliah, metode
eksperimen, dan lain-lain namun itu semua tidak bisa dijadikan sebuah patokan
yang sebagai semua pembelajaran.
D.
Pemamfaatan berbagai media
pembelajaran
1.
Jenis-jenis alat teknologi
pendidikan
Dalam menyampaikan pelajaran bermacam-macam alat
diciptakan agar mempermudahan murid untuk memahaminya. Alat-alat pengajaran
telah mulai berkembang sejak orang membuat gambar atau diagram yang sederhanadi
tanah ataupun di goa-goa pada zaman dulu. Setelah gambar dikembangkan menjadi
huruf, lahirlah buku pembelajaran yang mencapai kemajuan yang pesat setelah
ditemukannya alat cetak.
Revolusi industri sebagai akibat kemajuan teknologi
dan ilmu pengetahuan sejak akhir abad ke-19 turut mempengaruhi pendidikan
dengan menghasilkan alat pendidikan seperti fotografi, gramofon, film,sampai
kepada radio, televisi, komputer, laboratorium bahasa, dan sebagainya[6].
Dan ketika kita pahmi dari penggalan-pengalan
kutipan yang sudah dijelaskan di atas media sangat membantu dalam pembelajaran
seperti adanya komputer dizaman sekarang ini unttuk mempermudah penyampaian
sebuah materi dan teori-teori kepada peserta didik. Media yang dimamfaatkan
sebagai pengajaran adalah salah satu pemamfaatan teknologi pada pendidikan.
E.
Mengembangkan strategi pembelajaran
1.
Pembelajaran modern
Seiring dengan perkembangan zaman dan era
globalisasi yang ditandai dengan pesatnya produk dan pemamfaatan teknologi
informasi, maka konsepsi penyelenggaraan pembelajaran telah bergeser pada upaya
perwujudan pembelajaran yang modern[7].
Kutipan diatas menjelaskan bahwasanya di era
sekarang teknologi pendidikan bukanlah sekedar pemamfaatanya tapi lebih kita
tujukan pada perwujudan pembelajaran. Sebelum kita masuk kedalam pengembangan
strategi pembelajaran kita harus kembali membahas tentang tujuan dari strategi
yang akan kita operasikan. Dan setelah kita memahami apa tujuan dari strategi
kita barulah strategi itu bisa berjalan sebagaimana mestinya.
2.
Strategi pembelajaran
Pada dasar mulanya istilah strategi digunakan dalam
dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer
untuk memenangkan suatu perang[8].
Dan dalam dunia pendidikan juga ada bebrapa strategi pembelajaran yang bisa kita
kaitkan dengan teknologi pendidikan salah satu diantaranya:
-strategi pembelajaran berorentasi aktivitas
siswa-siswa.
PBAS merupakan pendekatan pembelajaran yang
menggunakan multimetode dan multimedia. Artinya, melalui PBAS siswa
memungkinkan untuk belajar dari berbagai sumber informasi secara mandiri, baik
dari media grafis seperti buku, majalah, surat kabar,dll[9].
Ketika
kita pahami dalam PBAS menekankan siswanya untuk menguasai teknologi. Dan ini
sangat mengembangkan siswa untuk tidak ketinggalan zaman atau bisa mengimbangi
zaman modern. Dan juga siswa akan lebih mudah mendapatkan informasi, membuat
sebuah karya, dan lain-lainya.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Peningkatan
kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan media teknologi
pendidikan, yaitu dengan cara mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang
dihadapi dalam belajar kemudian dicarikan pemecahannya melalui aplikasi
Teknologi Informasi yang sesuai. Upaya pemecahan permasalahan pendidikan
terutama masalah yang berhubungan dengan kualitas pembelajaran, dapat ditempuh
dengan cara penggunaan berbagai sumber belajar dan penggunaan media
pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu dalam meningkatkan kadar hasil
belajar peserta didik. Teknologi informasi digunakan sebagai media untuk
mempermudah pencarian informasi tersebut.
B. Saran.
Demikian makalah yang dapat kami sampaikan,
dengan harapan semoga bermanfaat bagi semua pihak. Kami menyadari masih banyak
kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran
sangat diperlukan demi kemaslahatan bersama, dan semoga kita bisa mengambil
hikmahnya. Dan mudah-mudahan didalam pembuatan makalah ini bisa bermanfaat,
amin.
Daftar pustaka
Darmawan deni.
2011. Teknologi pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Darmawan deni.
2012. Inovasi pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Nasution. 1994. Teknologi
pendidikan. PT Bumi Aksara
Sanjaya wina.
2009. Strategi pembelajaran.Kencana prenada media grop
[1]
.Nasution,Teknologi pendidikan,Bumi
aksara,Jakarta,1999, h. 29
[2] .Ibd.,hal.
29
[3].
Darmawan deni,teknologi pembelajaran,PT
Remaja Rosdakarya,Bandung,2011,hal. 7
[4]
.Ibd.,hal. 8
[5] .
Nasution, op,cit.,hal. 43-44
[6]
.Ibd.,hal. 101
[7]
.Darmawan deni,Inovasi pendidikan,Pt Remaja Rosdakarya.Bandung,2012,hal. 39
[8] . Sanjaya
wina,Strategi pembelajaran,Kencana,Jakarta,2006,hal. 125
[9]
.Ibd.,hal. 145
Comments
Post a Comment