media pendidikan


MAKALAH
MEDIA PEMBELAJARAN
DI AJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS KULIAH
PERANAN TEKNOLOGI DALAM PEMECAHAN PROBLEM PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu: Umar, M.Pd.I

Disusun oleh: kelompok 2
1.     Median Pratama                                1501010078
2.     Slamet Riyadi                                   1501010296
3.     Yohana Adelia                                  1501010230
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) METRO
TP 2016
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL 
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB 1 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.     Tujuan penulisa
BAB II  PEMBAHASAN
A.    Peranan teknologi pendidikan dalam pengembangan kurikulum
B.     Peranan teknologi pendidikan dalam pengembangan bahan ajar
C.     Peranan teknologi dalam penerapan metode pembelajaran yang muktahir
D.    Pemamfaatan berbagai media pembelajaran
E.     Pengembangan strategi pembelajaran

BAB III  PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                                   

KATA PENGANTAR




Puji syukur saya sampaikan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Media Pembelajaran yang berjudul ” PERANAN TEKNOLOGI DALAM PEMECAHAN PROBLEM PEMBELAJARAN’’. Shalawat serta salam tetap tercurah pada nabi kita Nabi Muhammad Saw. yang telah membawa kita dari jaman jahiliyah menuju jaman yang terang yaitu Islam.
Penulisan menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan, baik dari segi isi, penulisan, maupun kata kata yang digunakan. Akhirnya, tiada gading yang tak retak. Meskipun dalam penyusunan makalah ini, penulis telah mencurahkan seluruh kemampuan, namun penulis sngat menyadari bahwa hasil penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, di karenakan keterbatasan data, referensi, dan kemampuan penulis. Oleh karena itu, penulis sangat mengharap segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak guna perbaikan di masa mendatang.


BAB 1 
PENDAHULUAN
  
1.1    latar Belakang  
Perubahan lingkungan luar dunia pendidikan, mulai lingkungan sosial, ekonomi, teknologi, sampai politik mengharuskan dunia pendidikan memikirkan kembali bagaimana perubahan tersebut mempengaruhinya sebagai sebuah institusi sosial dan bagaimana harus berinteraksi dengan perubahan tersebut. Salah satu perubahan lingkungan yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan adalah hadirnya teknologi informasi (TI).
Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan – perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM), mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan memahami teknologi.

1.2    Rumusan Masalah
Kegiatan pembelajaran yang efektif memerlukan suatu media yang mendukung penyerapan informasi sebanyak-banyakanya. Seiring dengan perkembangan jaman, maka teknologi informasi berperan penting sebagai sarana untuk mendapatkan sumber informasi sebanyak-banyaknya yang berhubungan dengan materi pelajaran yang diajarkan karena itu perlu adanya pembahasan dalam makalah ini bertujuan agar kita bisa bersama-sama mengajarkan pembelajaran yamg efektif dengan teknologi di era globlalisasi.

1.3  Tujuan penulisan
Makalah ini bertujuan untuk mengetahui peranan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran dan perkembangan dunia pendidikan, serta pengaruh teknologi informasi dalam menghasilkan keluaran peserta didik yang bermutu dan modern.

BAB II
PEMBAHASAN
 A.    Peranan teknologi pendidikan  dalam pengembangan kurikulum
1.      Merumuskan tujuan khusus
Teknologi pendidikan sangat mengutamakan perumusan tujuan yang spesifik yang dinyatakan dalam bentuk kelakuan yang dapat diamati sehingga hasil belajar dapat di ukur. Yang mula-mula memberi petunjuk yang jelas tentang cara merumuskan tujuan adalah ralph tyler(1932)[1].
      Jadi sebelum jauh kita membahas tenteng peranan teknologi pendidikan dalam pengembangan kurikulum pertama kita ketahui tujuan apa dalam teknologi yang akan kita jalankan. Adapun apa saja bentuk kelakuan adalah seperti:
-          Keterampilan menggunakan sesuatu.
-          Mengingat informasi.
-          Memahami istilah-istilah teknis.
-          Kesanggupan mengambil keputusan.
-          Menggunakan prinsip-prisip yang konkret[2].
Kenapa disini saya ambil sebuah teori yang membahas tentang kelakuan karna dalam kita akan menentukan sebuah tujuan kita juga harus memahami karakter atau pun kelakuan dari yang akan kita kenakan pada tujuan kita tadi.
      Jadi jelas yang kita utamakan tadi adalah kelakuan murid, bukan perbuatan guru, jadi apa yang dapat dilakukan oleh murid dan apa yang bukan harus dikerjakan guru. Rumusan tujuan dimulai dengan siswa dapat melakukan ... contoh:
-          Murid dapat menggunakan teknologi komputer.
-          Siswa dapat membedakan asam dan basa.
-          Anak dapat membaca satu halaman dalam 3  menit.
-          murid dapat menjelaskan terjadinya angin laut dan angin darat.
-          Siswa dapat membuat bagan pesawat radio.
Jadi beberapa teori diatas dapat kita jelasakan sangat berkaitan sekali perumusan tujuan sebagai bahan ajuan untuk  teknologi berperan dalam pengembangan kurikulum.
B.     Peranan teknologi pendidikan dalam pengembangan bahan ajar
1.      Perkembangan teknologi pendidikan di era globlalisasi
Kemajuan teknologi dewasa ini dan di masa yang akan datang terutama di bidang informasi dan kominikasa menyebabkan dunia menjadi sempit cakupannya[3].
Dari kutipan di atas teknologi sangat berpengaruh dalam sebuah pendidikan, yang jelasnya adalah dengan adanya sebuah teknologi tersebut kita akan lebih mudah untuk mendapatkan bahan ajar yang guna untuk kita ajarkan kepada peserta didik.
Di bidang pendidikan, peran guru untuk mendidik peserta didik menjadi manusia yang selalu mengikuti perkembangan zaman tampa meninggalkan akar budaya sangat penting dalam menentukan perjalanan bangsa ini[4].
Kutipan tersebut mejelaskan betapa berperannya guru dalam pendidikan untuk mendidik peserta didik dalam menguasai teknologi. Dan teknologi berperan penting dalam itu semua sebagai sebuah sarana prasarana yang mendukung suatu pembelajaran yang diajarkan dalam sebuah pendidikan. Sehingga jika kita ambil sebuah pemahaman bahwasanya teknologi pun berperan di era globalisasi ini dalam sebuah perkembangan pembelajaran pada pendidikan. Misalnya saja seperti komputer/laptop itu sangat berperan sekali dalam mahasiswa dimana seorang mahasiswa harus menguasai komputer untuk membuat suatu makalah. Dan juga komputer berperan pada dosen dalam penyampaian materi yang digunakanya sebagai bahan ajar yang akan diajarkannya pada sekelompok mahasiswa/i.
Tidak sekedar sebuah sarana yang ada dalam lingkup kelas atau benda-benda yang kecil,namun seperti kendaraan itu juga termasuk teknologi yang sangat berperan penting dalam sebuah pengajaran misalnya angkot, motor, sepeda, ataupun papan skayboard. Mengapa pada penggelan kalimat sebelumnya saya bahas bahwasannya kendaraan mendukung sebagai bahan ajar, iya itu jelas dalam menuju sebuah pengajaran di mana suatu tempat yang dituju di era sekarang hampir tak bisa dipunkiri kita membutuhkan media tersebut.

C.    Peranan teknologi dalam penerapan metode pembelajaran yang muktahir
1.      Metode mengajar
Mengajar pada umumnya adalah usaha guru untuk menciptakan kondisi-kondisi atau mengatur lingkungan sedemikian rupa, sehingga terjadi interaksi antara murid dengan lingkungan, termasuk guru, alat pelajaran, dan sebagainya yang disebut proses belajar, sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Beberapa teori pembelajaran telah dikenal dan masing-masing dapat memberikan sumbangan tertentu mengenai proses belajar. Namun belum ada satu teori belajar yang dapat  dijadikan pegangan  untuk segala jenis belajar. Demikian juga menggunakan satu metode mengajar untuk semua tujuan belajar tidak akan efektif. Dalam hal tertentu metode memberitahukan metode kuliah sangat serasi, dalam hal lain mungkin lebih tepat bila digunakan metode penemuan, metode pemecahan masalah, atau metode eskperimen modul, dan sebagainya. Ada kemungkinan kita harus menggunakan bermacam-macam metode penyampaian sekaligus. Metode mengajar akan membuka alternatif lain apabila kita menghubungkanya dengan alat-alat serta media pendidikan yang tersedia bagi guru untuk digunakannya.tersedianya alat-alat teknologimodeern seperti film vidio tape, komputer dan lain-lain mempengaruhi metode mengajar[5].
Dari kutipan di atas kita pahami bahwasannya metode pembelajaran yang muktahir itu terdiri dari berbagai macam metode namun dari semua metode itu tidak semuanya bisa dijadikan pegangan dalam setiap pembelajaran, jadi untuk tercapainya kemuktahiran dalam pembelajara pastilah berbeda-beda disesuaikan dengan apa yang sedang dipelajari. Seperti yang disampaikan dalam kutipan ada beberapa metode seperti metode kuliah, metode eksperimen, dan lain-lain namun itu semua tidak bisa dijadikan sebuah patokan yang sebagai semua pembelajaran.
D.    Pemamfaatan berbagai media pembelajaran
1.      Jenis-jenis alat teknologi pendidikan
Dalam menyampaikan pelajaran bermacam-macam alat diciptakan agar mempermudahan murid untuk memahaminya. Alat-alat pengajaran telah mulai berkembang sejak orang membuat gambar atau diagram yang sederhanadi tanah ataupun di goa-goa pada zaman dulu. Setelah gambar dikembangkan menjadi huruf, lahirlah buku pembelajaran yang mencapai kemajuan yang pesat setelah ditemukannya alat cetak.
Revolusi industri sebagai akibat kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan sejak akhir abad ke-19 turut mempengaruhi pendidikan dengan menghasilkan alat pendidikan seperti fotografi, gramofon, film,sampai kepada radio, televisi, komputer, laboratorium bahasa, dan sebagainya[6].
Dan ketika kita pahmi dari penggalan-pengalan kutipan yang sudah dijelaskan di atas media sangat membantu dalam pembelajaran seperti adanya komputer dizaman sekarang ini unttuk mempermudah penyampaian sebuah materi dan teori-teori kepada peserta didik. Media yang dimamfaatkan sebagai pengajaran adalah salah satu pemamfaatan teknologi pada pendidikan.
E.     Mengembangkan strategi pembelajaran
1.      Pembelajaran modern
Seiring dengan perkembangan zaman dan era globalisasi yang ditandai dengan pesatnya produk dan pemamfaatan teknologi informasi, maka konsepsi penyelenggaraan pembelajaran telah bergeser pada upaya perwujudan pembelajaran yang modern[7].
Kutipan diatas menjelaskan bahwasanya di era sekarang teknologi pendidikan bukanlah sekedar pemamfaatanya tapi lebih kita tujukan pada perwujudan pembelajaran. Sebelum kita masuk kedalam pengembangan strategi pembelajaran kita harus kembali membahas tentang tujuan dari strategi yang akan kita operasikan. Dan setelah kita memahami apa tujuan dari strategi kita barulah strategi itu bisa berjalan sebagaimana mestinya.
2.      Strategi pembelajaran
Pada dasar mulanya istilah strategi digunakan dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan suatu perang[8]. Dan dalam dunia pendidikan juga ada bebrapa strategi pembelajaran yang bisa kita kaitkan dengan teknologi pendidikan salah satu diantaranya:
-strategi pembelajaran berorentasi aktivitas siswa-siswa.
PBAS merupakan pendekatan pembelajaran yang menggunakan multimetode dan multimedia. Artinya, melalui PBAS siswa memungkinkan untuk belajar dari berbagai sumber informasi secara mandiri, baik dari media grafis seperti buku, majalah, surat kabar,dll[9].
Ketika kita pahami dalam PBAS menekankan siswanya untuk menguasai teknologi. Dan ini sangat mengembangkan siswa untuk tidak ketinggalan zaman atau bisa mengimbangi zaman modern. Dan juga siswa akan lebih mudah mendapatkan informasi, membuat sebuah karya, dan lain-lainya.
BAB III
PENUTUP

A.     Kesimpulan
                        Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan media teknologi pendidikan, yaitu dengan cara mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam belajar kemudian dicarikan pemecahannya melalui aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai. Upaya pemecahan permasalahan pendidikan terutama masalah yang berhubungan dengan kualitas pembelajaran, dapat ditempuh dengan cara penggunaan berbagai sumber belajar dan penggunaan media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu dalam meningkatkan kadar hasil belajar peserta didik. Teknologi informasi digunakan sebagai media untuk mempermudah pencarian informasi tersebut.

B.     Saran.
Demikian makalah yang dapat kami sampaikan, dengan harapan semoga bermanfaat bagi semua pihak. Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat diperlukan demi kemaslahatan bersama, dan semoga kita bisa mengambil hikmahnya. Dan mudah-mudahan didalam pembuatan makalah ini bisa bermanfaat, amin.
Daftar pustaka



Darmawan deni. 2011. Teknologi pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Darmawan deni. 2012. Inovasi pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Nasution. 1994. Teknologi pendidikan. PT Bumi Aksara
Sanjaya wina. 2009. Strategi pembelajaran.Kencana prenada media grop




[1] .Nasution,Teknologi pendidikan,Bumi aksara,Jakarta,1999, h. 29
[2] .Ibd.,hal. 29
[3]. Darmawan deni,teknologi pembelajaran,PT Remaja Rosdakarya,Bandung,2011,hal. 7
[4] .Ibd.,hal. 8
[5] . Nasution, op,cit.,hal. 43-44
[6] .Ibd.,hal. 101
[7] .Darmawan deni,Inovasi pendidikan,Pt Remaja Rosdakarya.Bandung,2012,hal. 39
[8] . Sanjaya wina,Strategi pembelajaran,Kencana,Jakarta,2006,hal. 125
[9] .Ibd.,hal. 145

Comments